Senin, 27 Februari 2012

BACKPACKER atau BAGPACKER ?




Akhir akhir ini saya sering menemui blog atau forum yang memiliki kesamaan hobby, yaitu berkeliling keliling ke tempat baru dengan cara travel fast and travel light. trend yang memang akhir akhir ini semakin digandrungi oleh orang orang indonesia.

Sebenarnya jiwa petualang telah lama tertanam di bangsa ini, mulai dari Zaman pelaut pelaut bahari kita dengan perahu kayu memecah samudra menemui tempat tempat baru, berdagang, dan berinteraksi budaya. Dahulu terkenal orang orang bugis, bone, bima, banjar, demak ataupun sriwijaya yang pemberani. Bahkan sriwijaya  pernah di deklarasikan sebagai kerajaan maritim terkuat untuk wilayah asia tenggara sampai sampai bangsa chinna merasa perlu untuk menaklukan sriwijaya.

Nah, jiwa petualang ini yang kemudian menurun ke keturunan kita . Lantas istilah untuk traveler menjadi beragam. Mulai dari avonturir, traveller, backpacker hingga akhir akhir ini muncul istilah baru lagi Bagpacker.

Aku tidak begitu paham asal muasal kata ini. Tapi di beberapa forum bahasa, sempat terlontar pertanyaan tentang Bagpacker rata rata menjawab tidak tahu. Cobalah kita google kata Bagpacker ini , maka kata ini hanya bisa ditemui di forum forum indonesia. Rata rata pada profil perorangan yang menuliskan hobinya "Bagpacker" .

Secara harfiah, Bagpacker berarti orang yang bertugas mengepak tas . Sementara Backpacker adalah orang yang membawa Backpack.

Asal mula kata backpack sendiri karena tas ransel tersebut dibawa pada bagian punggung (back). Ransel awalnya diperkenalkan oleh dunia militer untuk mempermudah mobilisasi pasukan. Bayangkan bagaimana  repotnya jika mereka harus bertempur sambil membawa tas koper ?
Backpack atau sack juga diperkenalkan oleh paratroopers ( Pasukan terjun payung /lintas udara) sebagai sarana pembawa payung.

Budaya di barat yang mengisi liburannya dengan berkeliling ke kota lain atau negara lain dengan membawa ransel inilah yang kemudian melahirkan istilah backpacker. Walaupun untuk ransel sendiri ada bermacam istilah. Bagi para pencinta alam mungkin tidak terlalu asing dengan kata kata seperti Carrier , yaitu ransel dengan kapasitas besar (45-60 l) untuk mendaki gunung, Backpack / daypack yang merupakan ransel dengan ukuran yang lebih kecil. Disebut daypack karena dapat dipergunakan diwilayah urban atau kegiatan sehari hari.

Saya menduga istilah Bagpacker ini muncul karena orang sering mendengar tentang backpacker tapi belum melihat tulisannya . Kemudian dinalar bahwa backpacker sering membawa tas ransel , sehingga dianalogikan tas = bag. Di kombinasi menjadi BAGPACKER.

Saya bukan ahli tata bahasa, cuma saya harap bahwa salah kaprah seperti ini bisa secepatnya di luruskan. Karena menurut asumsi saya , begitupun beberapa traveler senior saya , yang benar adalah BACKPACKER bukan BAGPACKER karena dua kata ini memiliki arti yang sangat bertolak belakang.

Jadi jangan seperti oknum anggota dewan yang bilang "instruksi " bukan "interupsi" saat ingin memberikan pendapat atau mati matian menolak 'voting' tapi mendukung sepenuhnya 'pemungutan suara'

Tapi semua kembali ke anda. Yang terpenting bagi saya adalah semangat travelingnya kok hehehe .....


Notes : Kalau mau lihat BAGPACKER seperti apa, ini saya ada contoh linknya
www.sapac.be/EN/bagpackerl.html
hendievany.multiply.com/

3 komentar: