Jumat, 03 Februari 2012

Gadget itu sebenerny apa sih..?




A gadget is a small technological object such as a device or an appliance that has a particular function, but is often thought of as a novelty. Gadgets are invariably considered to be more unusually or cleverly designed than normal technological objects at the time of their invention. Gadgets are sometimes also referred to as gizmos.

Gawai atau acang (Bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Gawai dianggap dirancang secara berbeda dan lebih canggih dibandingkan teknologi normal yang ada pada saat penciptaannya.

Gadget itu istilah yang sering digunakan kepada perangkat elektronik canggih..
yang simpel gitu..,misalkan telepon rumah kan biasa..
gadgetnya telepon tuh handphone. komputer kan ribet kalo dibawa2..
jadi diciptakanlah sebuah laptop untuk memudahkannya..

Yang termasuk gadget: ponsel, music player(semacam ipod, mp4, mp5, dst), kamera digital/kamera mini, music box, PSP(dan sejenis game konsol lain), disc man(pemutav DVD portable), netbook, translator canggih, jam tangan mewah tapi canggih, dsb...

Jadi gadget secara garis besar dpt kita artikan sbg suatu perangkat elektronik(jenisnya macam2, sesuai dg fungsinya) yg berukuran mini, serta memgedepankan fungsinya sbg perangkat berteknologi mutakhir...
Ok, mudah2an dapat dipahami.

gadget  & efek buruk bagi kesehatan.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa penggunaan PC tablet akan memberikan efek buruk bagi penggunanya. Hal ini karena gadget tersebut mendorong Anda untuk terus membungkuk menatap layar komputer.

Seperti dikutip dari Telegraph, tim peneliti dari Harvard School of Public Health memulai penelitian dengan menanyakan tujuh pria dan delapan wanita yang sebelumnya merupakan pengguna PC tablet.

Dengan menggunakan sistem analisis gerak, peneliti mengamati 15 relawan pada saat mereka bekerja menggunakan PC tablet dalam empat posisi.

Posisi itu adalah dipangku begitu saja, dipangku dengan tatakan atau case, diletakkan di atas meja dengan posisi rendah dan terakhir diletakkan di meja dengan posisi tinggi.

"Dibandingkan dengan komputer biasa, pengguna PC tablet berhubungan dengan postur kepala dan leher yang lebih tinggi. Ada kekhawatiran terkait munculnya ketidaknyamanan pada leher dan bahu," kata Jack Dennerlein, sang pemimpin penelitian.

Selain itu, peneliti mengukur gerakan leher dan kepala pengguna secara keseluruhan. Hasilnya dilaporkan PC tablet yang di pangku begitu saja tanpa menggunakan tatakan paling banyak menimbulkan rasa nyeri di bagian leher dan bahu.

Peneliti juga memperingatkan, menopang PC tablet terlalu lama juga membuat ketegangan pada pergelangan tangan para penggunanya.

"Temuan ini menunjukkan bahwa pengguna PC tablet harus meletakkan tabletnya di tempat lebih tinggi, seperti di atas meja dan bukan dipangku."

"Hal ini dilakukan guna menghindari tatapan menatap layar dengan sudut rendah atau yang lebih curam. Jika dibiarkan terus-menerus bisa berisiko mengalami cedera pada leher dan bahu," ungkapnya.

 Dampak negatif  ( hubungan sosial ) pengguna gadget

Ternyata penggunaan  gadget yang tidak terkontrol berdampak kurang baik loh. Coba perhatiin deh, kalo kita lagi antri. Antri di bank, dokter,doorsmeer,carwash,atau mungkin antri sembako hehe:P, semua yang lagi ngantri bisa dipastikan pada nunduk, yup, menundukkan wajahnya. Bukan karena pemalu, tapi karena semua pada mantengin benda di tangannya yang tidak lain,tidak bukan dan tidak salah lagi adalah sebuah (atau bahkan dua ) hape. Itulah yang terjadi saat ini. Manusia yang pada hakikatnya adalah mahluk sosial berubah jadi individual. Gimana nggak? Semua jadi pada cuek. Cuek dengan siapa yang ngantri di samping kita. Padahal siapa tau yang ngantri disebelah adalah calon mertua, atau artissss, atau malah calon jodoh kita nantinya (bisa aja kan??? hehe). 
Padahal kegiatan ngantri bisa kita manfaatkan untuk menambah teman. Ya, emang nambah temen bisa dari facebook atau jejaring sosial yang lain, tapi kan beda gitu loh..bila dibandingkan dengan kenalan langsung. Kenalan langsung bisa melatih kita jadi lebih humble dalam berinteraksi dengan orang lain. Dan itu penting sobat. Ada 1 lagi pentingnya menambah teman, Teman itu kan sama dengan relasi. Nah, relasi itu sangat kita butuhkan kalau kita menjalankan bisnis atau usaha. Bagi yang sekarang masih karyawan gak masalah. Relasi akan sangat kita butuhkan suatu saat nanti ketika kita memutuskan resign dari perusahaan untuk menjadi pengusaha). Karena  gak  mau selamanya jadi karyawan kan? (Jawab: Iyaaaaa dunk)
Selain itu, penggunaan hape yang berlebihan juga bisa membuat ketidaknyamanan dalam hubungan keluarga. Contohnya : Lagi berdua dan pengennya ngobrol sama suami/istri eh..yang mau diajak ngobrol malah sibuk sendiri dengan hape nya. Kan kecewa tu yang mau ngajak ngobrol. Yang paling sering nih,, kalau lagi ngumpul bareng keluarga. Semua juga pada sibuk masing masing, ada yang update status, upload foto,.paling yang terdengar ngobrol hanya oma, opa dan mungkin ortu yang ga terlalu ngerti make internet. Kadang ada juga tu anak yang saking sibuknya chit chat ditanyai ortunya gak mudeng, kalau pun ngejawab singkat tanpa noleh, ntar kalo ga mudeng gitu trus pertanyaan diulang ampe dua kali eh..dia nya yang marah dan jawab pake ngebentak lagi. Bayangkan coba kalau kita ada diposisi sebagai ortu.  Ortu mungkin ga sakit hati, mungkin dia hanya berfikir “Oh,,mungikin anakku lagi sibuk” tapi yakinlah pasti dalam hati Ortu Nelangsa banget...
Actually, ga semua penggunaan gadget berdampak negatif loh. Manfaat gadget, selain memudahkan untuk mencari informasi (via mbah gugel) , mempercepat penyampaian berita (news), membuka peluang usaha onlineshop, belanja online, mempertemukan kita dengan teman teman yang dulunya udah lost contact, sampai bahkan ada juga yang nemu jodohnya (Asseeek).Kita sebagai pengguna gadget sebaiknya memaksimalkan pengaruh positifnya.
Next,  jangan sampai yang jauh jadi dekat, yang dekat malah terlupakan. Temen yang lain kota sering ngobrol dari chat, malah ortu yang disisi kita jarang disapa. Tipsnya : Kalau lagi ngumpul sama keluarga, jauhkan hp,laptop,note book,tablet de el el (simpanlah gadget pada tempatnya). 
Kesimpulannya guys..Pergunakanlah segala sesuatu sebaik baiknya dan sewajarnya. Segalasesuatu yang berlebihan lebih banyak mudharatnya dari pada manfaatnya.
Barakallahufiekum for all...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar