Rabu, 11 April 2012

Agar Selalu Semangat ...

Semangat Slalu bro...!!!

Ada sebuah pepatah Arab yang sudah tidak asing bagi kita, Man jadda wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh melakukan sesuatu dia akan mendapatkannya. Siapa yang menginginkan sesuatu maka dia harus bersungguh-sunguh untuk mendapatkannya dengan usaha keras, kerja cerdas dan doa, insya Allah dia akan mendapatkannya.

 

Namun dalam perjalanan  pencapaiannya kadang kita kehabisan amunisi yang berupa mulai kendornya "Semangat" atau keRAPUHan mulai mendominasi perjlanan berat ini, maka perawatan atau penjagaan terhadap stabilitas "semangat" ini menjadi sangat penting dan sebuah keharusan.

Memang bukan sesuatu hal yang mudah, butuh beberapa ornamen - ornamen psikologi yang mesti di ambil dan di aktualisasiakan sebagai langkah konkret penjagaan "semangat" tersebut. Untuk itu tidak ada salahnya jika anda mencoba beberapa tips dibawah ini  :

Pilihlah salah satu kata-kata bijak  yang dapat mempengaruhi semangat dan motivasi anda. Boleh ambil dari kata-kata mutiara dari orang-orang terkenal misalnya, atau dari mana saja. Kalau perlu tulis dan tempatkan tulisan ini di tempat yang mudah Anda baca setiap harinya. Baca dan camkanlah kutipan kata-kata motivasi itu. Jadikanlah isi dari setiap kutipan tersebut menjadi bagian pemikiran Anda sehingga mampu membangkitkan semangat motivasi Anda.

 "Percayalah, hari ini akan lebih indah daripada kemarin jika kita mengawalinya dengan doa dan senyuman...:)"

Berusahalah bertemu dan bergaul dengan orang-orang yang memiliki semangat. Hindari lingkungan yang cenderung mempengarungi menurunnya semangat anda atau mempengaruhi kebosanan Anda. Bertemu dan berdiskusilah dengan mereka yang memiliki semangat tinggi dan. Semangat itu menular, dengan Anda bertemu, bergaul dan berdisuksi dengan orang-orang, anda akan tertular kembali semnagat.

"Kamu tak akan bisa hidup sendiri,  Butuh bantuan orang lain, Pastikan bahwa mereka adalah orang yg dapat kamu andalkan..."
           
Hapuslah kata-kata “tidak dapat,”, “tidak bisa”, “malas”, “tidak bersemangat” atau kata-kata lain yang senada dari pikiran Anda. Buanglah jauh-jauh kata-kata yang intinya dapat melemahkan semangat Anda. Usahakan agar Anda menemukan cara untuk mengatakan apa yang bisa Anda lakukan.

"Ketika hidup memberi kata "TIDAK" atas apa yang kamu inginkan, percayalah, Allah selalu memberi kata "YA" atas apa yg kamu butuhkan..." 

Mulailah hari dan bersikaplah. Tanamkan keyakinan dalam hati Anda bahwa setiap orang yang anda temui sesungguhnya memiliki sisi positif dan perlakukanlah mereka dengan sikap positif juga. Misalnya tersenyumlah ketika bertemu dengan orang lain, mengucapkan salam dengan ramah, melayani mereka dengan baik, dll. Anda pasti akan heran melihat tanggapan yang akan Anda peroleh dari orang-orang yang selama ini anda anggap biasa saja. Hal ini akan dapat membangkitkan kembali semangat dan sikap positif Anda. 

"Jangan awali hari dengan penyesalan hari kemarin, karena akan menggangu hebatnya hari ini, dan akan merusak indahnya hari esok..." 

Memanfaatkan setiap kesempatan ( peluang). Bagi orang cerdik/bijak, dia akan memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya, karena dia menyadari bahwa kesempatan adalah karunia yang sangat berharga dan belum tentu kesempatan itu akan datang untuk kedua kali.

نِعْمَتَانِ مَغْبُوْنٌ فِيْهِمَا َكثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ، الصِّحَّةُ وَ الفَرَاغُ

Dua nikmat yang sering disia-siakan banyak orang: Kesehatan dan kesempatan (waktu luang).” (H.R. Bukhari melalui Ibnu Abbas r.a).

Carilah suatu kesempatan untuk bisa berbagi dan memberi kepada orang lain dengan tulus dan ikhlas. Memberi tidak harus dengan harta benda, bisa dengan membagi ilmu yang anda miliki, berbagi keramahan atau apapun yang bisa Anda lakukan untuk orang lain. Lakukanlah suatu yang khusus pada siapa saja termasuk mungkin pasangan Anda, orang tua Anda, sahabat Anda ataupun anak-anak Anda. Bahkan kalau memungkinkan berusahalah berbuatlah suatu kebaikan pada seseorang yang belum Anda kenal sekalipun. Ini akan menjadikan hidup anda lebih berarti dan membangkitkan semangat Anda.

Pahami kehendak hati atau tujuan yang ingin Anda raih dalam kehidupan. Kemudian lakukan sesuai dengan kehendak hati Anda. Dengan menemukan kembali kehendak hati, anda akan menemukan kecintaan yang dapat membangkitkan semangat dan motivasi positif Anda.

Bersyukurlah kepada Allah Subhanahu wata’ala  atas limpahan rahmat dan berkah yang sudah anda terima sampai detik ini. Sekali lagi bersyukurlah dan perbanyaklah bersyukur kepada Allah atas segala karunianya, kesehatan yang anda miliki, keluarga yang anda miliki, pekerjaan anda saat ini, karier anda saat ini dan lain sebagainya. Perasaan bersyukur akan mendamaikan hati dan dapat membangkitkan kembali semangat dan motivasi dari dalam diri.



Dan (ingatlah juga), takala Tuhanmu mema’lumkan:”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(Q.S.Ibrahim:7). 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat, dan tetap semangattt....!!!

Abie Sabiella

Jkt, 12 April 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar