Minggu, 01 Juli 2012

Membaca ala Skimming...


Membaca-layap (skimming) adalah membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum atau bagian suatu bacaan. (Farida Rahim, 2005). 

Membaca layap dibutuhkan untuk mengetahui sudut pandang penulis tentang sesuatu, menemukan pola organisasi paragraf, dan menemukan gagasan umum dengan cepat (Mikulecky & Jeffries dalam Farida Rahim, 2005).

Pengertian lain dari membaca skimming adalah membaca sekilas atau membaca cepat untuk mendapatkan suatu informasi dari yang kita baca.

Skimming dilakukan untuk melakukan pembacaan cepat secara umum dalam suatu bahan bacaan. Dalam skimming, proses membaca dilakukan secara melompat-lompat dengan melihat pokok-pokok pikiran utama dalam bahan bacaan sambil memahami tema besarnya.

Selain untuk mendapatkan gagasan utama dari sebuah teks. Untuk mengetahui apakah suatu artikel sesuai dengan apa yang kita cari. Untuk menilai artikel tersebut, apakah menarik untuk dibaca lebih lanjut secara mendetail. Kecepatan membaca secara skimming biasanya sekitar 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa.

Menurut aku pribadi, sebenarnya kebiasaan membaca secara skimming itu kurang baik, (sekalipun aku masih sering melakukannya, he..he…) karena  bisa saja akibat men-skimming sebuah bacaan, seseorang membuat sebuah kesimpulan yang salah yang berbeda dengan maksud dan tujuan bacaan yang sesungguhnya. 

Tapi kenyataannya kalau kita mau cermati dan jujur melihat kecendrungan orang – orang di era ini, menjadi lebih terbiasa untuk mencerna kalimat sepotong-potong dan pada akhirnya, membaca satu karangan panjang pun terasa lebih berat akibat lebih memilih membaca secara skimming. Cukup membaca kalimat-kalimat awal dari paragraf pertama, lalu men-skimming paragraf lainnya? Tapi bagaimana jika inti dari sebuah artikel justru ada di kalimat terakhir…?

Yang perlu di ingat adalah, tidak ada yang bisa menggantikan pemahaman yang kita dapat dari benar-benar membaca secara penuh menyeluruh di banding dengan menerapkan pola membaca cepat. Strategi membaca cepat memang dapat menghemat waktu kita, tapi membuat kita kurang mendapat rincian. 

Kalau kamu gimana..? Lebih sering baca skimming suatu artikel atau membacanya full..?

@bie Sabiella - jkt, 01/07/2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar