Selasa, 05 Maret 2013

Sedikit tentang Cataflam,( Obat untuk Atasi Nyeri )


DetikHealth - Cataflam merupakan nama paten dari obat kalium diklofenak, sehingga cataflam juga merupakan derivat dari benzeneacetic acid. Nama kimia dari obat ini adalah 2-[(2,6-dichlorophenyl)amino] benzeneacetic acid, yang termasuk garam monopotassium. Rumus molekul obat ini adalah C14H10Cl2NKO2 dengan berat molekul 334,25.

Cataflam sama halnya dengan kalium diklofenak termasuk dalam golongan obat non-steroidal anti-inflammatory drug (NSAID) yang mempunyai efek aktivitas anti-inflamasi, analgesik, dan antipiretik.

Mekanisme aksi tablet kalium diklofenak seperti golongan obat NSAID lainnya, mungkin terkait dengan penghambatan sintesis prostaglandin. Obat ini sering digunakan untuk meringankan nyeri inflamasi (pembengkakan) pasca operasi, seperti operasi tulang dan gigi.

Komposisi

Tiap tablet mengandung Kalium Diklofenak 50 mg

Bahan aktif yang terkandung dalam Cataflam meliputi:
1. Kalsium fosfat
2. Colloidal silicon dioxide
3. Iron oxides
4. Magnesium stearat
5. Microcrystalline cellulose
6. Polyethylene glycol
7. Povidone
8. Sodium starch glycolate
9. Maize starch
10. Sucrose
11. Talc
12. Titanium dioxide

Indikasi

1. Untuk meringankan nyeri inflamasi (pembengkakan) pasca operasi
2. Untuk pengobatan dysmenorrhea primer
3. Untuk meringankan nyeri ringan sampai sedang
4. Untuk mengatasi gejala osteoarthritis
5. Untuk mengatasi gejala rheumatoid arthritis

Kontraindikasi
Pasien yang hipersensitif terhadap golongan obat ini

Efek samping

1. Reaksi alergi, yang meliputi: gatal-gatal, kesulitan bernafas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
2. Nyeri dada
3. Gangguan penglihatan atau keseimbangan
4. Kotoran (feses) berwarna hitam dan berdarah
5. Batuk atau muntah darah

Dosis

1. Dewasa
100-150 mg 2-3 kali sehari

2. Anak
Keamanan dan efektivitas pada pasien anak belum ditetapkan

Kemasan

Cataflam tersedia dalam bentuk tablet 50 mg (berwarna coklat muda) untuk pemberian melalui mulut (per oral).

Sumber: RxList

Efek Samping Cataflam 

Ada sejumlah efek samping potensial dengan Cataflam. Beberapa efek samping umum obat itu sisi termasuk pusing, Sembelit, anemia, dan sakit perut (atau perut sakit). Ada juga efek samping beberapa yang Anda harus melaporkan ke Penyedia layanan kesehatan Anda segera, seperti nyeri dada, sesak napas, bicara cadel, dan kelemahan pada satu bagian tubuh Anda. Efek samping yang jarang (terjadi dalam waktu kurang dari 1 persen orang yang minum obat) termasuk kecemasan, mulut kering, dan penglihatan kabur, antara lain.

Cataflam telah dipelajari secara ekstensif dalam uji klinis, dengan ribuan orang di seluruh dunia yang telah dievaluasi. Dalam studi ini, efek samping selalu didokumentasikan dan biasanya dibandingkan dengan yang terjadi dalam kelompok yang sama dari orang yang memakai plasebo (sebuah "pil gula" tanpa bahan aktif). Dengan cara ini, adalah mungkin untuk melihat apa efek samping terjadi, seberapa sering mereka muncul, dan bagaimana mereka dibandingkan dengan kelompok mengambil plasebo. Berdasarkan studi ini, efek samping yang paling umum Cataflam meliputi:

nyeri perut (atau nyeri perut) Sembelit {Diare [Mulas]} atau gangguan pencernaan (dispepsia) Gas tanpa alasan perdarahan Suatu ulkus di lambung atau usus (ulkus peptikum) Mual Muntah Anemia Pusing Pembengkakan Peningkatan dalam hati Sakit kepala Gatal enzim Unexplained ruam Dering di telinga (tinnitus).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar