Kamis, 06 Februari 2014

Dia bernama "Selfie"



Selfie'…

Sebuah kata yang sempet bikin aku tanda tanya, kirain nama orang…
Baru ngeh ketika nonton acara tv bertajuk lawakan, tepatnya ILK, yang mengangkat tema tentang “selfie”

Ternyata si selfie', atau singkatan dari self portrait  yaitu istilah yang dipakai untuk menyebutkan foto diri yang diambil sendiri dan tidak/bukan dengan bantuan orang lain. Kedua kata ini memang sedang popular digunakan oleh remaja maupun orang dewasa baru-baru ini.

Kata "selfie" sendiri  telah mendapat penobatan dari Oxford Dictionaries (Kamus Oxford) sebagai Word of The Year. 

Seperti dikutip dari laman BBC, Rabu, 20 November 2013, Kamus Oxford mendefinisikan kataselfie sebagai aktivitas seseorang yang memotret dirinya sendiri, umumnya menggunakan ponsel atau webcam, kemudian mengunggahnya ke situs media sosial.

Adapun menurut sejarah, mengabadikan diri sendiri dengan perangkat elektronik atau dalam bahasa Inggris dinamakan self-portrait atau disingkat selfie dilakukan pertamakali oleh seseorang bernama Robert Cornelius pada tahun 1839.

Ketika era kamera polaroid sedang menjadi salah satu tren di tahun 70an, seorang bernama Andy Warhol juga pernah melakukan selfie dan hal tersebut tercatat sebagai selfie kedua dalam sejarah.

Jadi supaya saya tidak lupa lagi akan selfie, maka selfie ini pun saya jadikan postingan dech…, biar kalian juga nggak pada lupa…

Kehadiran selfie tidak lepas dari semakin pesatnya perkembanagn teknologi  komunikasi, dan ternyata selfie menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat, sampai – sampai ada yang bilang begini, “ Orang yang hobby-nya selfie, ia jelas – jelas menderita gangguan jiwa…”, sampai seperti itu. Menurut aku sich silahkan saja anda berselfie ria, hanya saya berharap anda mau mengikuti kaidah berikut ini;

Langkah pertama, Foto, kemudian Edit, dan ketiga Delete…

Smoga bermanfaat…



Abie sabiella, Jkt-06-02-2014

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar