Rabu, 18 Desember 2013

TA’ARUF Questions



Dari Abu Hurairah – rhadiyallahu anhu – dari Nabi Muhammad Shalallahualaihi wassalam, beliau berkata: “Seorang perempuan dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, karena kedudukannya, karena kecantikannya, (atau) karena agamanya. Pilihlah yang beragama, maka kau akan beruntung, (jika tidak, semoga kau) menjadi miskin”.( HR. Bukhari – Muslim)


Beberapa pertanyaan yang biasa di tanyakan dalam Ta’aruf…

1.Gambaran apa sajakah yang telah Ukhty kenali mengenai diri saya, berdasarkan info yang telah Ukhty
 terima..?

2.Mengapa Ukhty  tertarik/bersedia lakukan taaruf dengan saya.

3.Dalam kehidupan sehari-hari Ukhty, siapakah orang yang nasihatnya paling Ukhty  taati, Sebagai pertimbangan ketika Ukhty memutuskan sesuatu.

4.Dalam pandangan Ukhty ,suami seperti apa yang Ukhty  harapkan..?

5.Bersediakah Ukhty  mengerjakan urusan rumah tangga sehari-hari seperti memasak,mencuci,menyapu, dsb, sendirian…?


6. Jika dalam perjalanan pernikahan nanti (Insya Allah) saya sebagai suami Allah takdirkan tidak dapat menjalankan fungsi saya sebagai seorang kepala rumah tangga, apakah Ukhty masih mau menerima saya...?

7.Apa pendapat (sikap)  Ukhty  tentang poligami..?

7 Point di atas rasanya cukup untuk mewakili beberapa hal yang perlu di tanyakan ketika Ta'aruf, dan jika masih kurang, silahkan di kembangkan sendiri menurut selera dan kebutuhan masing - masing.

Rasulullah Shalallahualaihi wassalam bersabda “Tidak ada hal yang paling bermanfaat bagi seorang mukmin setelah taqwa kepada Allah selain wanita shalihah, jika diperintah, ia menaatinya, jika dipandang, ia membuatnya bahagia/senang, jika bersumpah, ia memenuhi sumpahnya, jika ditinggal suaminya, ia menjaga diri dan harta suaminya.” (Ibnu Majah Jilid 1 Hal. 59 dengan sanad dhoif dan memiliki banyak syawahid yang memperkuatnya)

Semoga Bermanfaat,

Jakarta, 19 Desember 2013
Abie Sabiella

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar